Gehu Pedas Ala D'Ghisa

Hari Minggu di musim hujan, kumpul dengan keluarga tercinta sambil makan yang hangat-hangat. Jangan bara api atau kompor yaaa....ngeyellll...^^.....
Di kulkas ada tahu Lembang yang kayaknya maknyuss dibuatkan gehu, apalagi pakai tambahan pedas. SEHHHH HAAAHHH!!!
Gehu itu apa seeeh? Pasti dueh nanya gitu bagi yang yang tidak pernah makan gehu. Sama dengan cireng yang artinya aci digoreng, maka GEHU adalah toGE di dalam taHU.
Setelah diramikan oleh variasi isi cireng, maka sekarang jajanan khas Bandung dihebohkan oleh GEHU PEDAS PELANA. Teu sapira...satu gehu ini dihargai 500 sampai 1000 rupiah.Mantappp....!
D'Ghisa harus kreatif...^^...(bilang aja mau irit!), maka gehu pedasnya dibuat sendiri. Pakai dua versi lagi...euleuh-euleuh...!
Yang mau coba bikin, ini dia bahan dan cara buatnya...tapi ala D'Ghisa yaaaa...?
Bahan :
  1. Tahu 10 buah, goreng sampai kulitnya agak kering lalu potong diagonal.
  2. Toge (kecambah) 100 gram
  3. Bihun atau soun 1 bungkus kecil (saya pakainya soun merk kaca, karena soun ini setengah bihun juga..^^..)
  4. Terigu kurleb 250 gram
Bumbu dan cara buatnya.
Kulit Gehu:
  1. Iris halus bawang daun sebanyak 2 tangkai (boleh ditambah kalau suka).
  2. Haluskan 4 siung bawang putih, masukkan ke dalam terigu bersama dengan daun bawang yang sudah diiris tadi.
  3. Tambahkan merica bubuk, garam, sedikit gula pasir, dan sebungkus bumbu kaldu. Ukurannya sesuai selera saja...
  4. Masukkan air dingin yang matang sedikit demi sedikit sambil diaduk. Tujuannya biar tidak ada tepung yang menggumpal dan tidak sampai keenceran. Kembali lagi...ukuran airnya dikira-kira aja yaaa.....
Isi gehu:
  1. Rebus soun samapi agak lunak, angkat dan tiriskan.
  2. Haluskan bawang putih 4 siung dan cabe sesuai selera pedas anda...makin banyak ya..makin sehh hahhh!
  3. Iria bawang daun sebanyak 2 tangkai (atau lebih).
  4. Tumislan bumbu-bumbu ini dengan sedikit minyak sampai, tambahkan setengah gelas kecil air.
  5. Tambahkan juga garam, 1 sendok gula pasir dan bumbu kaldu.
  6. Sekarang masukkan toge dan sounnya, aduk rata.
  7. Icip-icip aja dulu, kalu dirasa sudah muantap, silahkan diangkat.
Giliran Gehunya....
Versi asli:
  1. Tahu yang sudah digoreng dan dipotong diagonal itu, dibelah tengah (jangan sampai kulitnya putus)
  2. Isi dengan bahan isian, celupkan ke dalam adonan terigu.
  3. Goreng di minyak yang sudah panas sampai dirasa cukup matang.
  4. Siap disantap anget-anget...!
Versi D'Ghisa:
  1. Tahu yang sudah digoreng dan dipotong diagonal dikerok isinya. Kalau bisa jangan melukai kulitnya...(eta bahasaaa...ckckck)
  2. Isi tahu jangan dibuang, campur saja sama bahan isian. Aduk rata.
  3. Isi kulit tahu dengan bahan isian, celuupkan ke adonan kulit, goreng sampai matang.
  4. Yang ini lebih mantap...kata saya sih...hehehe
 
Kalau dirasa membingungkan, silakan berkomen. Kalau tidak ada peralatan masak...(jadi inget sama Deka..) tukang dagang gehu pedas cabang pelana sudah bertebaran di seantero Bandung...jadi beli ajah lah ya....

88 Komentar

Nyammm..nyam....
gehu...gehu.... ayo silahkan dicoba New Gehu from D'Ghisa...

ebenarnya ada putunya...belom dimasukin aja..tgg atuh ya

Ihiiiiiii pertamax yeuh..

lanjuuutttt atuh..sono yeuhhh

kalo di pasar ada juga yang jual tahu dah di goreng tapi di rendam air lagih... biasanya ini nih yang suka dibuat tahu isi.

yang kayak tahu sumedang kan...tahu garing tea....emang ada yang pake tahu itu cayy...teteh mh yang da dikulkas tahu lembang..jadi mantap juga tuh...

Tahunya lebih besar dari tahu sumedang teh..
Kalo lebaran mamah biasanya bikin sayur tahu pake tahu ini.
Tahu lembang emang mangtabs.. hoyong atuh teh... dikirimin ya.. hehehe.. becanda ah..

teteh juga kebagian tahu lembang ini cuma hari sabtu..masaknya hari minggu...temen aa ada yang dagang tahu ini, dan kebetulan stiap sabtu ketemuan ama bliaow...jadi dah pesen aja buat nyisain dagangannya untuk kita...^^.. tahunya gurih dan lembut gitu cayy...mantap..entar teteh maukin futunya ya...pindah dari kompi ke lapi nii

jadi laper berat ngebayangin tahu panas2 teaaa... kemaren pas ke bandung si aa beli tahu isi toge enak pisan, di dalamnya ada irisan ranjaunyah... tahunya gede, harganya cuman gopek, mura bener, kalo di sini mah bisa serebu... duh sayang jauh dari depok teaaa...

sekarang di Bandung jajanan paling murah dihargai 500...dah lewat masa 1000 dapet 3...bala-bala,cireng,gehu, pisang....

sekarang di Bandung jajanan paling murah dihargai 500...dah lewat masa 1000 dapet 3...bala-bala,cireng,gehu, pisang....

sekarang di Bandung jajanan paling murah dihargai 500...dah lewat masa 1000 dapet 3...bala-bala,cireng,gehu, pisang....

duh beneran kriuk2 neee perutnya... kirimin gehunya dong teeeehhhhhh :D

mimi tangkeepp...lemparan gehu dari soreang dataaaaang..!!

mauuuuuuuu...... krekss krekkss... **suara perutku minta gehu...

makan gehu takkan cukup satuuuu...!!

uuuhhh.... saya suka sekali teh gehu seuhhhahh lada.. bikin bala2 seuhahhhh juga enak teh... cengeknya diulek sebagian, sebagian lagi dibikin ranjau. heueheuehhh....

laparrrr ahhh...

tah eta...ada ranjau gitu bikin tambah penasaran yaa.V? cuma karunya ka anak2...gehu na ga diisi apa-apa...atu da sehhahh lada na

Gehu adalah idamannya bundo dan KD.. ntar bikin ah pake resepnya d'Ghisa

soun ya des, bundo kirain bihun.. ok deehhh

ada mitos di seputar tahu Bundo...katanya tahu tiap daerah tuh rasanya beda-beda..percaya ga percaya sih, tapi kenyataannya aku ga suka makan tahu di bangka. tapi tahu yang ada di bandung suka banget..aneh yaa..hihii, ga nyambung euy...aku pakenya soun setengah bihun Bundo...tapi pake bihun juga mantap koq...seperti mimi bilanh, hajar ajaaa!

Subhanallah.. putunya...
bikin ngeces nih..

jangan percaya lihat penampakannya...^^...bikinan Tanti pasti lebih yahudd

Besok bikin ah buat pengajian...
Ih tadinya mo bikin puding, setelah liat foto si gehu langsung beralih...

gehu mah ga ada bosennya ya sayy....mantap pisan

Aku kalo bikin tahu isi, biasanya pake isian risol... biasalah.. gak mau repot.. bikinnya sekalian buat risol en tahu. Maklum disini ada hantu risol.

teteh juga hantu risol niih...mo model gimana juga, risol mah selalu diterima oleh perutkyu...hahaha..

kalau tahu isi itu kesukaanku, bahkan kalau istri atau mertua bikin sering mengkhususkan untukku.

penggemar gehu emang bertaburan dimana-mana ya...pantesan aja banyak yang dagang gehu...laku siih

Antosan Teh. sayah bade ngambil nasi heula nya. jadi lapaar. hehe.

ih, meni sami pisan! teteh juga suka makan nasi anget pake kecap laukna gehu panas-panas bari sehhahhh lada na

Gehu memang jajanan asik pengganjal perut disaat jauh ke warteg. :D

kandungan gizi pada gehu cukup lengkap...(cie..gaya teteh dah seperti ahli gizi aja!)

Aaaarrrggghhh ...
Itu kalo dimakan pake cengek alias cabe rawit ...

aaarrrgghhh ...
pokona mah ... aaarrgggghhh weh ...

again ... sukses membuat trainer ... ngeces ...
(eh ngeces teh bahasa sundana teh naon nya' ?)

gehu pedas, dimakan di musim hujan begini emang nikmat banget...ngeces bisa juga dibilang ngacaiiii....lap atuh

duh ngeliat aja dah ngiler, *bisa batal puasa nih des*..simpen ah ke folder, mau nyonteeek...

Uni mah bisa aja...yadaaah, buat entar buka puasa aja yaaaa...sabar..sabar...

saya kenal nama gehu setelah tinggal di tatar sunda. dulu ketika masih di solo atau jogja, gehu ini disebut dng tahu susur.
**Susur adalah tembakau yang disumpalkan ke mulut setelah makan sirih, gambir dan kapur sirih. Biasanya "dikonsumsi" oleh ibu2 di pedesaan.

tahu susur semakin banyak bumbu togenya makin nikmat. satu tahu bisa disertai dng 5 cabe :P

kalo dalam bahasa bangka, susur itu disebut sugi. Kyaine mah pinter, emang makin maknyuss isinya maka makin mantap gehunya...sip

For Tanti & funky fun-T mimi allegra
Lagi dikejar busway ya....???hahahahah

Ah teteh tau aja, ya gimana emang peralatannya gak ada. paling ada kompor mini itupun udah lama banget amat sekali gak dipakai, tau dah masih nyala gak. Tabung gas mininya aja entah nyangkut dimana, so gimana mau buatnya, hehehe...

Deka gak terlalu suka teh gehu soalnya ada tahunya sich, coba isinya tempe pasti deka doyan. Maklum deka gak terlalu suka tahu kecuali tahu sumedang ama tahu tauhid. hehehe

Tapi kalo laper status akut mah, gehu gehu hajar bae lahhhh. hahhah

[OOT teh] Sepupu teteh yang bening-bening itu yang mana teh...??? deka gak tahu kan FB nya belum di kasih ama teteh.

Ijin teh gak bisa lama2, belajar dulu dikit, besok da ujian lagi, hihihihiii...

ehhhh ada dekaaa..... mo sprint bareng2 kah heheheeee... :D

ssshshhhh...pedesssshhh pisan tehhh..... tadi masukin cabenya sekilooo.... oh noooo.... :P

Toge dalam tahu jadi GeHu? Hehe... cara paling cepat dan murah bikin nama makanan.

Ada HuCap= Tahu tambah Kecap.

Trus, ada Gepeu= Dage na jero Sampeu.

Trus ada Cilok= goreng Aci dicolok

Trus... apa lagi ya? Banyak pokona mah.

Aduhai resepnya (plus fotonya itu) bikin ngilerrrrsss... hehehehe. Ntar mo minta yang di rumah bikinkan ah :D

nyam..nyam..jadi lapar...nyampe rumah mo tak praktek nih..thanks infonya

eet

wah bener2 kretatif nih....boleh dicoba nih

kamana yeuh si teteh...
nuju sibuk terima orderan gehu meureun...

ih..Tanti mah tau eun! eta mah kahoyong teteh atuh..bayak order..hahaha...koneksi keur lemot pisan say...tadi pagi aja ga nyambung sama sekali..nol pisan

Selamat siang menjelang sore,
Selamat hari Selasa menjelang Rabu,
Semoga tetap semangat dalam berkarya dan sukses selalu,

Salam Hangat,
AbulaMedia.com

Asoy benerr.. emg asyik makan gehu pedes pas cuaca dingin gini..hehe :)

muantaabzz des.. aq juga suka bikin gehu d sono, tapi dg kerja keras dulu, bikin togenya n nunggu pasokan tahu... makluum serba terbatas...^^


Sahabatku,
Saya berkunjung untuk silaturahmi sambil membawa doa semoga sahabat dalam keadaan sehat-walafiat, lancar dalam menjalankan tugas /kewajiban, sejahtera dan bahagia lahir batin.
Demikian pula blognya semakin maju dan berisi artikel yang semakin menarik dan bermanfaat. Amin
Salam hangat dari Surabaya

terpaksa lewat depan....
@Deka:dulu juga teteh ga suka tahu...eh jauh dari emak bikin teteh doyan juga makan tahu. setelah dirasa-rasain, ternyata rasa tahu bandung dengan tahu bangka beda banget...nah kalau urusan yang bening2, Deka lihat donk di FB teteh...ada di daftar temen teteh yang namanya Pratiwi Sulistyawati Utami...nah ntu dia sepupu tetehyang kul di unikom...cekidot atuh yaaaa
@Mimi: sehhhaaahhh...lada..lada...tapi makin mantap
@Bapana Ranggasetya: hihihi...emang aya-aya wae yaa...tapi ini istilah yang populer di bandung. banyak nama-nama makanan atau jajanan yang disingkat. mungkin biar gampang diingat kali yeee

@Tuteh:ga cuba bikin sendiri T...ntar bagi2 buat temen2 di radiomu itu...^^...
@Lingkungan Kita: gehu mah lagi kenyang aja disamber..apalagi kalo lagi laper...tambah ngiler
@eet: yang kreatif adalah yang pertama menemukanresep gehu ini ya...kepikiran gitu...saya mah cuma ikut-ikutan doank
@Abula:thx kang....
@Afif: assoy geboyyy...
@Sunflo: bikin togenya dari kacang ijo yang direndem itu ya mbak? waah...emang ribet sih, tapi hasilnya mantap
@Bhirawa: selalu kangen tuk berkunjung ke blog orang gagah ini...

wah, kalau kesini selalu bikin perut keroncongan..........
kaykanya gampang bikinnya ya , mau coba akh...........
Salam.

aaa...bunda! kalo Bunda yang bikin pasti jauh lebih maknuss...pake tambahan bumbu cinta dan kasih sayang

Ly

asli ngileerr.... wekekke

penggemar gehu juga mah?

alan

hah huh hah lada pisan euy !!!!!

Tinggalkan Komentar Anda